Mitos Minyak Zaitun Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Benarkah minyak zaitun bisa mencegah kanker payudara? Ternyata, perempuan yang makan asupan mengandung ekstrak minyak zaitun, misalnya dengan menu diet Mediterania, mempunyai resiko lebih kecil mengalami kanker payudara. Sebuah studi mengungkapkan, perempuan yang menambah minyak zaitun di makanan mereka mempunyai resiko 62 % lebih kecil dari kanker payudara untuk 5 tahun ke depan ataupun lebih, menurut para ahli riset di University of Navarra di Pamplona.

Kanker Payudara

Memang kanker payudara ini tidak sama dengan kanker kolerektal dan Penelitian lainnya memperlihatkan, jika menerapkan pola makan bangsa Mediterania pun bisa meminimalisasi peluang terjangkit penyakit jantung, diabetes tipe Dua, tekanan darah tinggi dan malah penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan menu serta bahan2 yang digunakan berbasis sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, kentang, biji-bijian, roti, bumbu, rempah, ikan, hasil laut, serta yang sangat penting mereka kerap memakai ektrak minyak zaitun didalam olahan makanan setiap hari.

Bagaimana minyak zaitun bisa mencegah kanker payudara?

Kenapa minyak zaitun demikian istimewa? Ekstrak zaitun berarti buah zaitun yang diperas dengan cara alami (tanpa perpaduan zat minyak yang lainnya) dan tanpa dipanaskan ataupun ditambahkan bahan kimia yang bisa merubah sifat kimianya.

Dilansir dari dailymail.co.uk, riset yang dilaksanakan jurnal Molecular and Cellular Oncology ini menerangkan, pada minyak zaitun terdapat zat sehat yang dinamakan dengan oleocanthal. Oleocanthal bila dikonsumsi bakal bekerja dengan memecah inti sel yang dinamakan dengan lisosom lalu kemudian oleocanthal bakal memproduksi protein baik  yang bisa mematikan sel kanker yang diciptakan oleh lemak jenuh dari makanan yang tidak bagus.

Pada uji coba, ilmuwan menyuntikkan minyak zaitun kedalam sel kanker serta sel kanker dapat mati dalam waktu 30 menit hingga Satu jam.  Lisosom adalah pusat daur ulang sel di tubuh manusia. Saat mengkonsumsi minyak zaitun, maka Kamu bakal menghancurkan pertahanan sel kanker, sebagaimana yang dipaparkan riset oleh Rutgers University di Amerika Serikat. Lebih baik lagi, zat leocanthal tidak mengancam sel-sel sehat yang lainnya, hingga kesehatan anggota tubuh lain tidak terganggu.

Dan ada pula yang percaya bahwa minyak zaitun ini bisa juga dipergunakan sebagai pengobatan wasir. Apa Wasir? wasir adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh kanker. Sedangkan untuk wasir sendiri informasinya bisa anda lihat diblog kedokteran DR. Eko Priatno.

Manfaat lain dari minyak zaitun

Studi terbaru memperlihatkan jika minyak zaitun memberi perlindungan kepada sel kanker tubuh manusia. Riset sudah melihat ke dalam kandungan metabolisme lemak tubuh, terutama fungsi minyak zaitun.  Minyak zaitun mencegah kanker dengan sejumlah kandungan di dalamnya, semisal flavonoid, antioksidan, polifenol serta squalene yang mempunyai efek positif kepada kesehatan . Squalene dipercaya mempunyai efek menguntungkan kepada kulit dengan meminimalisasi melanoma (zat kanker di sel pigmen kulit)

Hal lainnya yang menguntungkan disamping mencegah kanker yakni, lemak jangan jenuh didalam minyak zaitun yang bisa mengurangi produksi prostaglandin yang bersumber dari asam arakidonat. Zat ini memiliki peran menciptakan serta mengembangkan sel tumor. Minyak zaitun yang kaya akan manfaat pun dihubungkan dengan penurunan resiko kanker usus. Hasil perlindungan minyak zaitun bisa mencegah kanker pun tidak lepas dari banyaknya buah serta sayur-sayuran yang dimakan didalam asupan setiap hari. Baca juga artikel tentang usus buntu ini yang pengobatannya bisa menggunakan cara di bedah dengan teknik bedah laparoskopi.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published.